Project Kami

Ukuran Lintasan Lari Stadion

Ukuran lintasan lari stadion cukup beragam, sebenarnya. Sebutan dari lapangan yang diperuntukan untuk lari adalah track atau field. Namun, banyak juga yang menyebutnya dalam bahasa Inggris yaitu running track.

Jenis dari cabang olahraga atletik cukup ada banyak jenisnya yaitu tolak peluru, lompat tinggi, lompat jauh, lompat galah, lempar cakram, lempar lembing, dan lari termasuk di dalamnya. Olahraga lari pun ada banyak macamnya mulai dari lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, dan lari estafet.

Masing-masing cabang dari olahraga atletik lari tersebut, tentunya memiliki ukuran lintasan lari stadion yang berbeda, bukankah begitu?

Yuk, untuk mengenal satu persatu dari lintasan olahraga atletik lari, Anda harus menyimak ulasan ini hingga akhir, jangan diskip ya!

Pengertian Olahraga Atletik Lari dan Sejarahnya

Lari merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang terbagi atas beberapa perlombaan, seperti lari jarak pendek, menengah, jauh, estafet, dan lari gawang. Faktanya, perlombaan lari itu sudah ada sejak Yunani kuno, lho! Sekarang, olahraga lari menjadi salah satu olahraga yang paling diminati banyak kalangan.

Lari dilakukan dengan langkah cepat dan dilakukan oleh satu kaki secara bergantian. Lari pertama kali diresmikan sebagai cabang olahraga saat zaman Yunani kuno, waktu itu di olimpiade tahun 776 sebelum Masehi. Padahal, sebelumnya lari dilakukan hanya sebagai ritual keagamaan saja.

Hingga akhirnya lari mengalami perkembangan pesat pada tahun 1800-an di Inggris dan mulai tergolong olahraga modern. Negara tersebut pun akhirnya mengadakan perlombaan lari amatir untuk pertama kalinya di tahun 1860.

Kemudian, pada tahun 1896, lari resmi sebagai perlombaan internasional. Dari situ, terbentuklah inisiatif dari 16 perwakilan negara untuk membentuk IAAF (Amateur Athletic Federation) di tahun 1913. Kini, IAAF itulah yang akhirnya menjadi organisasi yang bertanggung jawab atas peraturan olahraga lari di seluruh dunia.

Sarana dan Perlengkapan Perlombaan Lari

Adapun sarana dan perlengkapan yang harus diperhatikan untuk pertandingan olahraga lari. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Lintasan

Tentunya sarana ini adalah sarana utama dalam setiap pertandingan lari agar dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa lintasan harus disesuaikan dengan jenis perlombaan lari yang akan diselenggarakan.

  1. Start block

Start block atau balok start merupakan tumpuan yang digunakan oleh pelari saat akan melakukan start, berlaku untuk lari jarak pendek.

  1. Tiang finish

Tiang finish terbuat dari bahan yang kokoh dan dicat dengan warna putih yang memiliki tinggi 1,4 m, lebar 8 cm, dan tebal 2 cm. Umumnya, ditancapkan 30 cm dari lintasan tepi.

  1. Kursi finish

Kursi finish adalah kursi yang nantinya diduduki oleh pencatat waktu (timer)

  1. Stopwatch

Nah, kalau benda yang satu ini biasanya memerlukan lebih dari satu. Contohnya saja saat pertandingan lari jarak pendek, pelari membutuhkan 3 buah stopwatch agar pencatatan waktu bisa akurat.

  1. Kamera

Dengan seiring perkembangan waktu, kini kamera menjadi salah satu peralatan yang wajib dalam setiap perlombaan tak terkecuali dalam perlombaan lari. Hal ini dilakukan supaya dapat merekam gerak pelari dan bisa menjadi bukti untuk memperkuat keputusan juri nantinya saat menentukan pemenang.

  1. Pistol start

Pistol start digunakan untuk pertanda bahwa pertandingan sudah dimulai.

Ukuran Lintasan Lari Stadion

Seperti yang telah disebutkan, ukuran lintasan lari stadion tentunya berbeda dan disesuaikan dengan jenis perlombaan lari. Ini adalah perbedaannya.

  1. Lari jarak pendek (Sprint)

Ukuran lintasan lari stadion pada lari jarak pendek memiliki jarak 100, 200, hingga 400 Meter sesuai dengan kategori perlombaannya. 

  1. Lari jarak menengah

Lintasan lari jarak menengah ukuran lebih panjang dari lintasan sebelumnya. Yaitu 800 dan 1.500 Meter, atau setidaknya dua hingga tiga kali putaran lintasan.

  1. Lari jarak jauh

Perlombaan lari ini menggunakan lintasan dengan ukuran 3000 Meter jika kategorinya adalah halang rintang seperti gawang ataupun kolam air. Namun, jika bukan halang rintang, ukuran lintasannya bisa mencapai 5000 dan 10.000 Meter. Bisa juga dengan jarak 42.195 Meter untuk lari marathon.

  1. Lari gawang (hurdling)

Nah, kalau perlombaan lari yang satu ini memiliki 3 jenis lintasan, yakni 100 Meter untuk putri, 110 Meter untuk putra, dan 400 Meter untuk putra maupun putri. Sesuai dengan namanya, lintasan untuk lari ini memiliki tambahan objek khusus yaitu gawang. Diawali dari jarak 13-13,72 dari garis start kemudian berjarak 8,5 sampai 9,14 antara masing-masing gawang.

  1. Lari estafet

Lintasan lari yang satu ini adalah 100 dan 400 Meter namun ditempuh oleh 4 pelari secara bertahap untuk saling mengoper tongkat dari start hingga finish. 

Nah, sekarang sudah tahu dong bedanya masing-masing ukuran lintasan dari cabang olahraga lari kan? Sampai jumpa di lain artikel, ya!