Project Kami

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl untuk Ruangan

Sebelum membeli lantai jenis vinyl, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai vinyl terlebih dahulu. Hal ini penting supaya dapat mempertimbangkannya dahulu apakah efektif dalam pemakaian lantai vinyl atau sebaliknya. Memang saat ini pemakaian lantai kayu menjadi favorit untuk interior sebuah hunian. Akan tetapi harga beli lantai kayu sangatlah tinggi serta perawatannya cukup sulit.

Hal inilah yang membuat banyak orang kemudian mencari alternatif jenis lantai lainnya. Salah satu jenis lantai yang menjadi pilihan adalah lantai vinyl. Meskipun begitu ada kekurangan dan kelebihan tersendiri dari jenis lantai tersebut. Lantai vinyl terkenal dengan harganya relatif terjangkau dan perawatannya terbilang mudah. Selain itu ada banyak pilihan motif yang dapat Anda pilih jika menggunakan lantai vinyl.

Merk Lantai Vinyl yang Bagus

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, Anda bisa mengetahui beberapa merknya yang menjadi rekomendasi. Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang merk lantai vinyl terbaik, berikut ada rekomendasinya.

  • Maxwell

Pertama ada Maxwell yang terinspirasi dari keindahan wujud batu alam. Merk ini menghadirkan lantai vinyl dengan penampilan marmer yang sangat eksklusif. Bukan itu saja, tersedia pula banyak varian warna atraktif sehingga membuat ruangan lebih tampak indah.

  • LG Floors

Selanjutnya ada LG Floors dengan kelebihan dan kekurangan lantai vinyl tersendiri. Kelebihan utamanya terletak pada ketahanan lantai terhadap zat kimia. Karena itulah laboratorium, rumah sakit bahkan tempat penelitian sekaligus akan lebih aman dan memukau dengan penggunaan lantai tersebut.

Pengalaman Pakai Lantai Vinyl

Orang-orang yang pernah menggunakan lantai vinyl mengungkapkan kelebihan dan kekurangan lantai vinyl versi mereka sendiri. Rata-rata penggunanya mengklaim jika lantai vinyl cenderung lebih awet serta tahan lama. Inilah yang menjadi alasan banyak orang memilih lantai vinyl sebagai pelengkap interior mereka. Bahkan ada pengguna yang berkata ketahanan lantai vinyl sudah mencapai 15 tahun.

Selain itu banyak pengguna menyukai lantai vinyl lantaran penggunaannya sangat mudah. Di mana mereka hanya perlu sapu dan pel dengan rutin supaya lantainya tetap dalam kondisi bersih. Apalagi jika dibandingkan dengan kayu, maka lantai vinyl lebih kebal terhadap paparan sinar matahari, pergantian cuaca bahkan air hujan sekalipun.

Para pengguna juga mengungkapkan kelebihan dan kekurangan lantai vinyl lain yaitu harganya cukup ekonomis daripada jenis lantai lainnya. Bahkan harga permeternya cenderung lebih murah dibandingkan dengan lantai kayu maupun parket. Dengan demikian para penggunanya mengatakan mereka tak perlu mengeluarkan biaya besar agar bisa membuat lantai rumah yang tampilannya indah.

Harga Lantai Vinyl

Karena memiliki banyak kelebihan, banyak orang kemudian penasaran seberapa besar harga vinyl. Sebagai informasi, biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan lantai vinyl terbaik sebenarnya tidaklah mahal jika dibandingkan dengan pilihan material lantai lainnya. Satu hal harus Anda pahami sebelum membeli lantai vinyl adalah biaya yang dikeluarkan terbagi dalam beberapa bagian atau tak hanya untuk material saja.

Di mana dalam harga yang termasuk kelebihan dan kekurangan lantai vinyl sendiri terbagi pada komponen aksesoris, material dan biaya pemasangan. Sementara itu untuk harga lantai vinyl tentunya berbeda-beda sesuai pilihan pembeli. Harganya sendiri dihitung berdasarkan pengukuran per meter persegi dan satu box. Perbedaan harga juga terletak pada ketebalan yang pelanggan pilih untuk lantai mereka.

Karena itulah Anda perlu mempersiapkan data-data seperti luas lantai dalam satuan meter persegi, ruangan yang akan dipasang, berapa jumlah anak tangganya jika untuk tangga serta lokasi pemasangan lantai vinyl tersebut.

Kekurangan Lantai Vinyl Sticker

Seperti material lainnya, ada kelebihan dan kekurangan lantai vinyl sticker yang kini menjadi pilihan ideal interior hunian. Adapun kekurangannya berikut ini menjadi hal penting agar Anda dapat mengantisipasinya. Apa saja kekurangan lantai vinyl? Anda bisa simak selengkapnya berikut ini.

  • Warnanya mudah pudar

Kekurangan dari lantai vinyl sticker yang pertama yaitu warnanya kurang awet apalagi jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Pemudaran warna ini tentunya akan membuat lantai vinyl kurang enak dilihat. Agar bisa mencegahnya Anda dapat memasang lapisan penahan sinar UV supaya lantai vinyl tetap dalam kondisi awet. Kalau tidak mungkin Anda perlu mengganti lantai yang baru ketika terlanjur berubah warnanya.

  • Tidak bisa untuk luar ruangan

Selanjutnya dalam kelebihan dan kekurangan lantai vinyl adalah Anda tidak bisa menggunakannya untuk luar ruangan. Pasalnya selain warna mudah pudar karena terpapar sinar matahari, jenis lantai vinyl juga rentan terhadap cairan. Selain itu pemakaiannya di luar ruangan membuatnya rentan kotor.

  • Tidak ramah lingkungan

Meskipun lantai vinyl menghadirkan kesan natural, sayangnya lantai tersebut tidak ramah terhadap lingkungan. Sebab bahan baku materialnya adalah plastik bukan dari organic. Inilah yang membuat lantai vinyl tak bisa didaur ulang.

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Anda dapat mempertimbangkan kekurangan dari lantai vinyl dan mencari solusi terbaik.

WhatsApp HUBUNGI KAMI