Project Kami

Jenis-jenis Lantai Rubber

Jenis-jenis lantai rubber. Masihkah Anda asing dengan jenis lantai yang seperti karpet lentur dan fleksibel? Sekarang, sudah tak perlu merasa asing lagi dengan jenis lantai tersebut. Lantai yang berbentuk karpet lentur dan fleksibel tersebut disebut dengan rubber floor atau lantai rubber.

Biasanya lantai rubber sering dijumpai pada sarana olahraga, seperti gym, lapangan tenis maupun futsal. Tak hanya itu saja, lantai rubber juga akan sering terlihat di playground anak-anak. Jadi, sekarang Anda sudah tak bingung lagi dengan lantai warna-warni yang biasanya ada di playground karena sekarang Anda sudah tahu akan nama lantai tersebut.

Berikut ini adalah pemaparan informasi terkait jenis-jenis lantai rubber beserta manfaatnya.

Pengertian Lantai Rubber

Lantai rubber adalah lantai atau karpet yang memiliki bahan dasar yang khusus karena sifatnya yang lentur dan fleksibel. Penggunaan jenis lantai ini sering ditemukan pada tempat-tempat olahraga mulai dari gym, lapangan tenis, lapangan futsal hingga bisa juga diaplikasikan pada playground atau arena bermain anak-anak ataupun rumah sakit.

Apakah Anda sekalian mengetahui bahwa sebenarnya lantai rubber ini memiliki sifat serbaguna dan daya tahan yang maksimal? Ya benar, lantai ini tergolong cukup serba guna karena bukan hanya ditujukan untuk arena olahraga atau permainan, Anda juga bisa menggunakan lantai ini untuk hunian pribadi Anda.

Mengapa demikian? Karena lantai rubber ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehingga bisa digunakan dimana saja. Maka, tingkat kenyaman dalam berpijak saat beraktivitas akan lebih meningkat nantinya.

Oh ya, lantai rubber terbuat dari karet pohon alami maupun buatan. Umumnya bila menggunakan bahan buatan, lantai rubber akan terbuat dari daur ulang ban kendaraan. Itulah mengapa permukaan lantai rubber memiliki daya tahan yang maksimal dan anti selip.

Jenis-jenis Lantai Rubber

Jenis-jenis lantai rubber pun cukup beragam yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

  1. Berbentuk karpet

Disebut juga dengan rubber floor mats. Jenis yang satu ini berbentuk layaknya tikar atau karpet. Cocok bila diaplikasikan pada permukaan yang keras dan tidak rata. Sebelum diaplikasikan pada area tertentu, biasanya akan dilapisi dengan bantalan atau ketebalan ekstra. Ukurannya pun beragam serta memiliki ketebalan yang bervariasi, sehingga Anda bisa menyesuaikan jenis lantai rubber yang satu ini untuk segala kebutuhan ruangan Anda. Kenyamanan yang diberikan dari lantai rubber yang satu ini pun sangat cocok bila Anda letakan di kamar tidur ataupun ruang keluarga.

  1. Berbentuk ubin / puzzle

Nah, kalau yang ini namanya rubber floor tiles karena memang bentuknya adalah seperti ubin atau puzzle yang bisa dirangkai-rangkai sendiri. Jenis lantai rubber yang satu ini terbilang cukup populer. Tersedia dalam ukuran mulai dari 12 x 12, 18 x 18, dan 36 x 36. Pemasangannya pun mudah karena kita dapat menyusun dan melepasnya sendiri sehingga cocok untuk ruangan yang memiliki bentuk tidak beraturan. Salah satu keuntungan menggunakan lantai rubber jenis ini adalah jika terdapat sedikit bagian yang rusak, Anda bisa mengganti bagian yang rusak saja dengan mudah, tanpa harus mengganti semuanya.

  1. Berbentuk gulungan

Jenis lantai rubber yang terakhir adalah rubber floor rolls. Berbentuk lembaran luas dan lebih sedikit jahitan dibandingkan dengan jenis lainnya. Dinilai lebih ekonomis karena Anda bisa menutupi seluruh lantai ruangan menggunakan satu sampai dua gulungan saja. Kelemahannya adalah Anda perlu membutuhkan bantuan dari orang yang berpengalaman saat ingin memasang lantai rubber jenis ini. Hal ini disebabkan karena gulungannya terlampau besar dan berat. Rubber floor rolls sendiri biasa diaplikasikan untuk gym atau area yang luas.

Itulah jenis-jenis lantai rubber yang bisa Anda jadikan pilihan nantinya bila akhirnya memutuskan untuk menggunakan lantai ini untuk tempat komersial maupun hunian pribadi Anda sendiri.

Keunggulan Lantai Rubber

Jika Anda masih ragu menggunakan lantai rubber, akan kami sajikan keunggulan dari lantai rubber yang bisa meyakinkan Anda. Ini dia beberapa keunggulan dari lantai rubber.

Yang pertama, tahan lama. Ya, seperti yang telah disebutkan di atas, lantai rubber berasal dari bahan karet sehingga lantai ini akan tahan lama, tahan noda, tahan air bahkan setelah digunakan bertahun-tahun.

Tak hanya itu saja, asalnya yang berasal dari karet membuat lantai jenis ini menjadi ramah lingkungan karena bisa di daur ulang. Dan hal tersebut merupakan keunggulan kedua dari lantai ini. 

Keunggulan selanjutnya, kedap suara. Sifat karet yang meredam suara bisa mengurangi suara yang mengganggu dan lantai ini sangat cocok bila diaplikasikan pada tempat yang membutuhkan ketenangan. 

Yang terakhir, pemasangannya yang mudah. Walaupun memang lebih baik dipasang oleh ahlinya, namun hal itu tidak memungkiri bahwa Anda juga bisa memasangnya dengan mudah.