Project Kami

Cara Merawat Lapangan Jogging Track yang Benar

Cara Merawat Lapangan Jogging Track

Cara Merawat Lapangan Jogging Track

Bagaimana cara merawat lapangan jogging track? Bagi sebagian orang, lari, jogging, bisa digunakan sebagai pemanasan sebelum latihan dan sebelum pertandingan, atau dapat sebagai pendinginan sesudah latihan maupun pertandingan. Misalnya saja dalam bermain futsal. Bukan hanya memelihara kesehatan fisik, jogging juga bisa memelihara kesehatan mental.

Tidak hanya mengetahui manfaatnya saja namun untuk perawatannya pun perlu tahu. Sebenarnya perawatan lapangan jogging track dengan lapangan futsal itu tidak terlalu berbeda jauh, salah satunya seperti jangan merokok di area lapangan, dilarang meludah dan lainnya. Lalu bagaimana cara merawat lapangan jogging track maupun lapangan futsal?

Cara Merawat Lapangan Futsal yang Baik dan Benar

Tidak cukup hanya bermain, cara merawat cara merawat lapangan jogging track khusus untuk Anda yang suka jogging atau cara merawat lapangan futsal bagi yang suka futsal adalah:

1. Mengenali Jenis Karpet Futsal

Ada setidaknya empat jenis lapangan karpet futsal yang sering digunakan sebagai alas lantai, seperti interlock, rumput sintetis, vinyl dan flexi pave. Keempatnya ini pastilah mempunyai karakter yang berbeda, meskipun sama-sama terbuat dari bahan yang bermutu tinggi.

2. Memakai Pembersih yang Sesuai

Cara merawat lapangan jogging track maupun lapangan futsal haruslah menggunakan pembersih yang sesuai. Misalnya untuk lapangan futsal itu biasanya menggunakan Deterjen untuk membersihkan lantai dan karpet tersedia dalam bermacam-macam komposisi.

Itulah mengapa perlu untuk mengetahui jenis karpet yang akan dibersihkan terlebih dahulu, untuk selanjutnya memilih detergen yang sesuai untuk jenis karpet tersebut.

3. Cara Pembersihan yang Benar

Sama halnya dengan pemilihan deterjen, cara pembersihan karpet juga masuk dalam cara merawat karpet futsal yang disarankan. Biasanya Anda harus menyapu terlebih dahulu permukaan karpet sebelum nanti harus mengepelnya dengan deterjen khusus.

Cara Perawatan Rumput Futsal

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada banyak sekali jenis karpet atau lantai yang bisa digunakan untuk lapangan futsal. Dan jika Anda ingin menggunakan rumput sintetis, maka anda harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik, seperti:

1. Mengecek Pasir 

Apabila Anda menggunakan rumput sintetis futsal, maka perlu menambahkan pasir lokal di bagian sela-sela rumput. Untuk pemberian pasir lokal ini biasanya setinggi 5 cm. Tujuan untuk menambahkan pasir ini agar nanti rumput bisa berdiri dengan tegak dan juga supaya membuat   sintetis itu bisa jadi lebih kokoh dan awet. 

2. Menggunakan Papan Peringatan

Cara merawat lapangan jogging track maupun lapangan futsal dengan menggunakan rumput futsal yang pertama adalah sangat penting untuk Anda membuat papan peringatan yang berisi notice untuk dilarang merokok di area lapangan.

Hal ini di lakukan mengingat rumput sintetis ini terbuat dari bahan plastik sehingga apabila ada puntung rokok terjatuh di atas rumput sintetis akan menyebabkan kebakaran. 

3. Cara Membersihkan Lapangan

Lalu untuk perawatan rumput futsal lainnya juga bisa dengan membersihkan lapangan futsal menggunakan vacuum cleaner, karena apabila rumput terkena air maka perekatnya akan lemah dan membuat rumput jadi mudah terlepas dengan sendirinya.

Cara Merawat Rumput Sintetis Futsal

Tahukah Anda bahwa cara perawatan rumput futsal ini tentunya sangat berbeda dengan rumput asli yang ada pada lapangan yang ada di stadion sepakbola. Berbeda dengan rumput lapangan sepakbola yang mana harus dirawat dengan menyiramnya setiap hari.

Rumput futsal ini nyatanya tidak memerlukan air dalam perawatannya, karena rumput futsal ini memang sudah didesain dengan bahan yang anti terhadap air. Lalu bagaimana cara merawat rumput sintetis futsal?

  1. Tetap rutin melakukan pengecekan kondisi rumput futsal. Ini harus dilakukan dengan rutin, dimana kalau bisa 1 minggu sekali pengecekan rumput futsal tersebut dilakukan.
  2. Kemudian carilah lem yang menempel pada rumput futsal. Hal ini bertujuan untuk menghindari terlepasnya antara karpet futsal dengan rumput futsal. Lakukan hal ini bersamaan ketika cek rumput futsal.
  3. Lalu bisa dengan menyemprot rumput futsal supaya tahan lama misalnya dengan cairan yang berkualitas dan dapat menjaga kualitas rumput futsal yang ada. Lakukanlah perawatan dengan cairan semprot ini 1 minggu sekali.
  4. Bersihkan rumput futsal dari debu. Gunakanlah vacuum cleaner untuk menyedot habis debu yang ada pada rumput futsal. Lakukanlah ini juga secara rutin dan biasakan sebelum lapangan futsal buka jam operasionalnya. Hal ini bertujuan demi kenyamanan setiap para pemain yang nantinya akan menggunakan lapangan futsal tersebut.
  5. Terakhir buat peraturan pada saat penggunaan lapangan futsal. Pastikan jika tata tertib tersebut itu sudah di tempel di setiap lapangan futsal, agar semua pengguna lapangan futsal tersebut dapat membaca dan menaati tata tertib tersebut. Misalnya harus menggunakan sepatu futsal, dilarang meludah dan lainnya.

Cara merawat lapangan jogging track maupun lapangan futsal itu beberapa kesamaan yang mana sebagai pemilik lapangan Anda harus memahami caranya seperti yang sudah dijabarkan di atas.

WhatsApp HUBUNGI KAMI