Project Kami

Cara Membuat Lantai Lapangan Rubber Floor

Cara Membuat Lantai Lapangan Rubber Floor

Cara Membuat Lantai Lapangan Rubber Floor

Cara membuat lantai lapangan rubber floor penting untuk Anda ketahui jika tertarik membangun sendiri lapangan jenis tersebut. Pada dasarnya lapangan rubber floor sendiri bisa digunakan untuk banyak hal. Di mana lapangan tersebut cocok untuk kegiatan yang banyak bergerak di atas permukaan lantainya. Sebab lapangan rubber floor akan mengamankan orang yang berada di atasnya dengan bahan halus dan juga empuk.

Ada beberapa jenis lapangan yang menggunakan rubber floor antara lain lapangan tenis, lapangan futsal, bahkan playground sekalipun. Semua hal yang berhubungan dengan kegiatan olahraga cocok menggunakan lapangan rubber floor. Pasalnya semua orang yang berlatih di atas permukaannya akan senantiasa aman dan meminimalisir resiko parah jika seseorang terjatuh di atas lantai rubber floor.

Ukuran Lapangan Rubber Floor

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat lantai lapangan rubber floor, Anda wajib mengetahui berapa ukuran lapangan itu sendiri. Biasanya ukuran lapangan rubber floor berbeda-beda menyesuaikan dengan tempat di peruntukannya area tersebut. Dengan demikian para pembuat lapangan rubber floor kemudian akan menyesuaikan ukurannya berdasarkan area yang dipilih untuk kemudian dilapisi dengan rubber floor.

Biasanya para pembuat lapangan rubber floor akan mendesain seperti apa bentuk lapangannya baru selanjutnya membawa ke penyedia karpet karet atau rubber floor. Setelah itu pihak penjual rubber floor akan menyesuaikan berdasarkan bentuk, desain, warna yang menjadi pilihan pembuat sebagai customer mereka. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki desain dan ukuran khusus tentu saja lebih mudah dalam pembuatannya.

Pasalnya dalam cara membuat lantai lapangan rubber floor jenis itu, Anda bisa memakai jenis rubber tiles. Di mana rubber tiles adalah rubber EPDM dan SRB yang telah dicetak seperti tiles atau ubin. Sesuai dengan ubin pada umumnya, bentuk lantai tersebut seperti kotak-kotak. Sehingga Anda hanya perlu meletakkannya saja di area yang terdiri dari ukuran 50 x 50 cm dengan ketebalan mulai dari 2.5 cm sampai 5 cm sekalipun.

Bahan untuk Membuat Lapangan Rubber Floor

Dalam tata cara pembuatan lapangan rubber floor, Anda juga harus tahu bahan untuk membuat lapangan rubber floor itu sendiri. Rupanya bahan rubber floor sendiri berasal dari serbuk rubber SBR. Jika Anda ingin membuat lapangan rubber floor terbaik pastikan serbuk karet SBR mempunyai standar tinggi. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan rubber floor unggulan dan tahan terhadap segala kondisi.

Pada cara membuat lantai lapangan rubber floor, pastikan pula daya kualitas dari bahan pembuatnya. Anda bisa memilih serbuk karet SBR unggulan dan mempunyai kombinasi khusus. Sehingga pemanfaatan Rubber SBR dalam bahan pembuatan karpet karet atau rubber floor bisa lebih maksimal. Dalam bahan pembuatan lapangan rubber, ada baiknya Anda memilih material yang mempunyai sistem Smart Rubber Floor.

Di mana produk rubber floor tersebut berasal dari kombinasi bahan dasar bernama rubber SBR dan rubber EPDM. Hasil kombinasi ini akan menciptakan rubber floor berkualitas tinggi sehingga mempunyai tingkat ketahanan yang baik dan awet untuk jangka waktu lama sekalipun. Dalam pembuatannya, styrene butadiene atau SBR yang berasal dari daur ulang ban akan diproses terlebih dahulu.

Setelah itu tata cara membuat lantai lapangan rubber floor tepatnya untuk bahan akan dilakukan proses pencetakan dan penyaringan menjadi potongan yang jauh lebih kecil. Kemudian potongan itu akan dibatasi oleh perekat yang berasal dari polyurethane sehingga setiap lapisannya sudah menyatu dengan kuat. Jika sudah seperti itu, Anda bisa mulai membangun lapangan rubber floor yang lebih tahan lama.

Cara Membuat Lapangan Jogging Track

Sementara itu untuk cara membuat lapangan jogging track dengan lapisan rubber floor biasanya membutuhkan tahapan tersendiri. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ada tahapan atau cara untuk membuat lapangan jogging track:

1. Perencanaan

Tahap pertama dalam cara membuat lantai lapangan rubber floor adalah dengan perencanaan terlebih dahulu. Di sini Anda bisa menentukan peruntukkan lapangan tersebut, desain, penampilan dan sebagainya.

2. Pengukuran jarak

Jika sudah menentukan seperti apa lapangan jogging track yang berlapis rubber floor , selanjutnya silahkan melakukan pengukuran jarak terkait luas lapangan itu sendiri.

3. Perancangan

Tahapan berlanjut dengan perancangan bentuk lapangan jogging track berdasarkan kebutuhan maupun keinginan Anda. Dalam cara satu ini Anda bisa meminta bantuan ahli untuk hasil rancangan terbaik.

4. Pembuatan

Untuk cara membuat lantai lapangan rubber floor selanjutnya, Anda bisa menggunakan jasa rubber floor terbaik. Biasanya mereka memiliki beberapa sistem dalam membangun jogging track seperti Sandwich System, Spray Coat System serta Pur Full System. 

Pada sandwich system, mereka akan mengaplikasikan dengan cara menempatkan EPDM Granules dengan lapisan penguat secara berlapis-lapis. Kemudian spray coat system akan membuat jogging track menjadi lebih kokoh di bagian luar dengan pemberian lapisan EPDM Granules. 

Itulah bagaimana cara membuat lantai lapangan rubber floor yang bisa Anda pahami jika tertarik membuat lapangan tersebut. Ada baiknya gunakan jasa rubber floor terpercaya dan sudah berpengalaman untuk menciptakan lapangan rubber floor terbaik.

WhatsApp HUBUNGI KAMI