Project Kami

Cara Membuat Arena Bermain Anak di Rumah yang Menyenangkan

Cara Membuat Arena Bermain Anak di Rumah

Cara Membuat Arena Bermain Anak di Rumah

Bagaimana cara membuat arena bermain anak di rumah? Menyediakan sarana bermain anak di rumah pastinya akan bermanfaat untuk bisa mendukung tumbuh kembang anak. Bukan hanya itu saja, namun kesenangan mereka untuk bermain menjadikan suasana rumah menjadi lebih ceria dan semarak. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat tempat bermain ini dalam rumah. 

Cara membuat arena bermain anak di rumah yang sempurna memang tidak mudah.  Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari desain, tata letak, mainan dan pengawasan ekstra saat anak bermain.

1. Menentukan Desain dan Dekorasi Sesuai dengan Keinginan Anak

Jangan sampai semangat Anda yang tinggi dalam membuat ruang bermain anak membuat Anda tega merenggut kebahagiaan anak dengan cara pemilihan desain dan dekorasi yang sesuai dengan keinginan Anda, bukan anak. Ini adalah cara membuat arena bermain anak di rumah yang pertama.

2. Memilih Furniture yang Child-Friendly

Tentunya peran orang tua dalam memilih mainan yang tepat bagi anak itu memang begitu dibutuhkan. Tentunya ada banyak jenis mainan anak yang Anda harus bijak memilihnya. Ini adalah cara membuat arena bermain anak di rumah lainnya.

3. Jangan Meletakkan Barang Elektronik

Pertanyaannya adalah apakah boleh meletakkan barang elektronik di ruang bermain anak? Kalau boleh jangan. Meletakkan barang elektronik di area bermain anak kerap sekali menjadi solusi utama untuk membuat penataan ruangan menjadi terbatas. Ini adalah cara membuat arena bermain anak di rumah terakhir.

Ide Desain Tempat Bermain Anak di Rumah

Ada banyak ide desain yang bisa Anda ciptakan. Mulai dari desain yang benar-benar sederhana bahkan nanti sampai desain mewah. Diantaranya:

1. Ilusi Pohon dalam Ruangan

Desain pertama adalah khusus untuk Anda yang mempunyai rumah berlantai dua. Biasanya area yang dekat dengan tangga menuju lantai dua nantinya bisa dimanfaatkan untuk ruang keluarga juga untuk ruang bermain.

2. Desain Ruang Bermain Modern

Apabila mempunyai bentuk rumah dengan konsep arsitektur modern tropis, maka Anda bisa membuat taman bermain dengan konsep bermain dengan cara menggabungkannya dengan ruang tamu atau ruang keluarga.

3. Desain Ruang Bermain Penuh Warna

Mengenalkan berbagai jenis warna memang akan sangat menarik untuk anak serta akan penting untuk kesehatan mata anak. Dalam hal ini Anda bisa membuat desain interior dengan dinding dan tiang rumah penuh warna untuk anak.

Fungsi Ruang Bermain Anak Di dalam Rumah

Apabila misalnya Anda masih ragu mengapa harus membuat ruang bermain anak, berikut beberapa alasan mengapa orang tua perlu menciptakan ruang bermain untuk anak di rumah.

1. Menemukan Jati Diri

Ruang bermain ini nyatanya bisa menjadi tempat di mana anak Anda menemukan bagian dari diri mereka yang mana tidak bisa mereka dapatkan di luar ruang bermain.

2. Belajar Berbagi

Tentu saja dengan adanya ruang bermain, nantinya si anak belajar akan bisa berbagi dalam ruang tertentu.

3. Belajar Mengatur Barang

Selain itu juga dengan memiliki ruang bermain, nantinya si anak belajar pun akan bisa belajar bagaimana mengatur mainannya.

Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah Minimalis

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda itu bisa menciptakan desain atau konsep yang sesuai dengan desain rumah minimalis Anda. Bagaimana caranya:

  1. Pertama bisa dimulai dengan pewarnaan pada cat dinding. Pakailah warna cat ruang bermain anak yang berwarna cerah sehingga akan menimbulkan suasana yang ceria.
  2. Jangan memakai cat dinding yang berbau menyengat karena akan membuat anak tidak menikmati permainan.
  3. Selanjutnya, berikan ruangan tersebut dengan berbagai alat bermain. Letakan alat bermain yang berbentuk mini itu dalam sebuah box atau kotak supaya lebih rapi.
  4. Lalu bisa dengan membuat sebuah tikar di lantai yang pasti akan membuat anak betah untuk bermain di sana, serta bisa juga meletakkan alat bermain lainnya seperti kuda-kudaan, bola, seluncuran, dan lainnya.
  5. Kemudian, Anda dapat meletakkan meja dan kursi minimalis untuk membuat anak semakin betah bermain karena biasanya mereka kerap bermain di atas lantai. Pastikan furniture meja dan kursi nya adalah yang aman.

Ide Desain Playground Indoor

Apabila misalnya Anda memang sedang berencana membuat taman bermain anak-anak, maka ini ada beberapa ide desain arena bermain anak di rumah yang bisa menjadi referensi.

1. Arena Bermain Sederhana

Tentunya mempunyai arena taman yang terbatas bukan menjadi alasan untuk tidak bisa berkreasi. Disini Anda bisa membuat arena bermain anak di rumah dengan menyediakan ayunan. 

2. Rumput Luas untuk Menghindari Cedera

Apabila misalnya Anda memiliki anak-anak yang masih cukup kecil seperti balita, maka bisa mempertiimbangkan material groundcover.

3. Berkreasi dengan Perosotan

Arena bermain yang berkontur bukanlah kendala untuk menjadikannya sebagai taman bermain anak. Malahan, lahan berkontur ini akan bermanfaat untuk melatih motorik anak-anak. 

Bagaimana? Ingin membuat ruang bermain anak? Maka cara membuat arena bermain anak di

WhatsApp HUBUNGI KAMI