Project Kami

Cara Membersihkan Lapangan Rubber Floor Agar Awet

Cara Membersihkan Lapangan Rubber Floor

Cara Membersihkan Lapangan Rubber Floor

Cara membersihkan lapangan rubber floor penting untuk Anda ketahui apabila mempunyai jenis lapangan tersebut. Pembersihan ini penting supaya lapangan rubber floor tersebut selalu dalam kondisi terbaik dan bersih. Selain itu dengan cara tersebut, lapangan rubber floor menjadi lebih awet, tahan lama sehingga membuat pemiliknya tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli rubber floor yang baru.

Memang rubber flooring atau yang kita kenal sebagai lantai karet adalah salah satu jenis lantai populer saat ini. Pasalnya rubber floor terkenal karena teksturnya yang kuat tetapi cukup kenyal, bisa meredam suara dan tak memancarkan panas. Bukan hanya itu, lapangan dengan permukaan rubber floor tergolong mudah dibersihkan yang membuatnya semakin terkenal. Lantas bagaimana cara membersihkan lapangan jenis ini? Anda bisa simak selengkapnya sebagai berikut.

Merawat Lapangan Rubber Floor

Dalam cara membersihkan lapangan rubber floor, Anda juga harus tahu tips merawatnya agar lapangan tersebut tidak mudah rusak dan tahan terhadap segala kondisi. Di bawah ini ada beberapa tips dalam merawat serta membuatnya aman saat dibersihkan.

1. Tidak memakai pembersih berbahan solvent

Karet yang ada di rubber floor merupakan bahan mudah terlarut pada pelarut jenis organic. Oleh sebab itu agar menjaga rubber floor tidak rusak hindari pemakaian pelarut organic dari lantai karet. Pasalnya pelarut jenis ini seperti thinner, spirtus dan bensin maupun sejenisnya bisa dengan mudah melarutkan karet serta merusak permukaan lantai karetnya. 

Oleh sebab itulah sebelum menerapkan cara membersihkan lapangan rubber floor, Anda harus membaca komposisi dari sebuah produk pembersih yang digunakan. Dengan demikian jangan sampai cairan pembersih yang Anda gunakan mengandung pembersih berbahan dasar pelarut organic.

2. Jangan menggunakan pembersih korosif

Cukup banyak bahan sebuah produk pembersih yang mengandung asam klorida maupun jenis asam lainnya dengan potensi merusak lantai karet. Selain itu Anda juga harus menghindari pemakaian bleaching agent atau kaporit. Bukan tanpa sebab, pasalnya bahan tersebut bisa merusak permukaan rubber floor dengan membuat pori-porinya bertambah besar.

Bahan pembersih lain seperti hidrogen peroksida dalam cara membersihkan lapangan rubber floor harus Anda hindari lantaran memiliki sifat korosif dan berbahaya untuk kulit. Karena itulah sebelum membersihkan, sangat penting membaca komposisi bahan sebuah pembersih dan baru menggunakannya untuk rubber floor.

3. Tidak menggunakan alat pembersih yang tajam

Meskipun lantai karet cukup kuat dalam menghadapi benturan, tetap saja bahan tersebut tidak cukup kuat saat diserang benda tajam. Oleh sebab itu, sebelum membersihkan lapangan rubber floor, Anda harus memeriksa peralatan pembersih yang digunakan. Pastikan alat itu benar-benar tidak bergerigi maupun tajam sampai berpotensi merusak permukaan lapangan rubber floor.

Membersihkan Alas Lapangan Rubber Floor

Setelah mengetahui tips dalam merawat lapangan rubber floor, kini Anda saatnya harus memahami bagaimana cara membersihkan lapangan rubber floor. Dengan demikian lapangan tersebut selalu dalam kondisi terbaik ketika ada orang yang menggunakanya di permukaan. Pembersihannya sendiri tidak terlalu sulit antara lain:

1. Membersihkan lapangan rubber floor dengan sarung tangan karet atau sikat

Pertama-tama Anda bisa membersihkan lapangan rubber floor menggunakan karet ataupun sarung tangan karet. Bersihkan lapangan rubber floor tersebut secara berkala apalagi jika ada hewan yang berkeliaran di atasnya. Lakukan proses pembersihan setiap hari dengan memanfaatkan sikat maupun sarung tangan karet. Pasalnya kedua benda ini bisa mengangkat bulu maupun rambut dengan mudah sekaligus mengumpulkan kotoran lainnya.

2. Memakai vacuum cleaner

Ini adalah cara membersihkan lapangan rubber floor termudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lapangan rubber floor setiap hari baik di malam ataupun saat pagi harinya. Pembersihan harian lapangan tersebut akan mengurangi penyebaran penyakit serta memudarnya warna karpet karena kotoran yang menempel.

Pastinya di lapangan rubber floor akan banyak orang berkumpul yang tentunya membuat penyakit rentan menempel juga. Anda bisa memakai vacuum cleaner berkualitas tinggi dalam pembersihan lapangan tersebut.

3. Mencuci menggunakan high pressure cleaner

Anda juga bisa mencuci sendiri lapangan rubber floor yang terlihat sangat kotor, Untuk pencuciannya sendiri bisa menggunakan high pressure cleaner khusus. Dengan tekanan udara yang tergolong tinggi, maka kotoran langsung terlepas dari permukaan lapangan rubber floor. Selain itu gunakan semprotan yang fokus pada satu titik kemudian disikat dengan sikat halus guna membersihkan noda membandel.

4. Tidak menggosok noda

Apabila tidak sengaja menumpahkan cairan, hindari cara membersihkan lapangan rubber floor dengan menggosok noda yang tertinggal. Sebab hal ini malah akan membuat noda semakin luas. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan kain penyerap kotoran dan menggunakannya dengan cara ditekan-tekan saja. Selain itu jika mempunyai streamer, Anda bisa mengarahkannya ke noda dan tekan menggunakan kain bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan lapangan rubber floor yang mudah dan dapat Anda terapkan secara langsung. Pastikan lapangan rubber floor tersebut selalu dalam kondisi bersih dan terawat agar orang-orang yang ada di atasnya selalu nyaman.

WhatsApp HUBUNGI KAMI